Jumat, 22 Juni 2018

Tutorial Sharing/Transfer Data melalui Jaringan Ad-Hoc (Windows 7)

Lama gak update blog nih soalnya kelamaan mager akhirnya sekarang saya mencoba menghilangkan rasa mager itu mumpung lagi liburan juga, hehe 😁. Nah sekarang saya mau berbagi tutorial sharing data melalui jaringan adhoc.




Apa sih jaringan ad-hoc itu? jaringan ad-hoc  adalah jaringan yang bisa membuat dua atau lebih device untuk saling berinteraksi satu sama lain secara langsung yang dikenal dengan istilah Peet to peer  tanpa melalui Central wireless Router atau Acces point.

Pada zaman yang sekarang ini maju kebutuhan transfer data merupakan kebutuhan bagi setiap orang, bagi masyarakat awam masyarakat luas tentunya satu-satunya cara transfer data selain bluetooh yaitu transfer data dilaptop atau komputer dengan menggunakan flashdisk/flashdrive. Nah alternatif yang satunya ada lagi nih yaitu jaringan ad-hoc ini.

1. Pertama kita buka, cmd di mode administrator. Caranya seperti digambar klik kanan lalu klik “run as administrator”.





2. Ketik “netsh wlan show driver” lalu cek di bagian Hosted network supported apakah nilainya yes, jika yes berarti bisa dilanjutkan ke tahap berikutnya.



3. Untuk membuat jaringannya ketik “netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=[nama jaringan] key=[password jaringan]. Disini saya menamai jaringan saya “masyudi” dengan password NIM saya yaitu “1715015055”.



4. Lalu kita hidupkan jaringannya dengan ketik “netsh wlan start hosted network”.



5. Nah, sekarang jaringan ad-hoc kita sudah hidup dan tersambung. Selanjutnya buka lah Network Internet Setting,lalu buka adapter setting,klik kanan pada “wifi” lalu pilih properties,setelah itu atur IP anda di IPv4. Disini saya memberikan IP 192.168.0.55 lalu klik subnet mask nanti akan muncul sendiri angkanya setelah itu klik OK untuk menyimpan settingan.



6. Setelah itu pindah ke bagian Advanced sharing settings, di bagian Public folder sharing pilih turn on dan di bagian Password protected sharing pilih turn off agar laptop lain bisa langsung mengakses folder yang kita share tanpa otentifikasi user dan password.





13. Selanjutnya akan  muncul gambar seperti dibawah yang berarti folder yang kita ingin share pun sudah siap,lalu klik “Done”. 
14.  Selanjutnya kita pindah ke PC yang menerima folder kita, pertama yaitu connect ke jaringan yang sama dengan yang disharing sebelumnya,lalu ikuti langkah sama seperti langkah sebelumnya diatas.dengan atur IP yang berbeda dengan sebelumnya(Disini saya memasukkan IPnya 192.168.0.1). Jangan lupa pastikan IP saling terhubungan dengan di ping satu sama lain misalnya seperti digambar.
15. Sekarang karena sudah dipastikan terhubung kita pindah ke tampilan PC sebelah (yang menerima). Buka “File Explorer, lalu pilih “Network”,setelah itu klik di browser nya,lalu ketik IP pengirim folder sharing,yaitu “ \\192.168.0.55” dan akan muncul tampilan seperti dibawah.
16. Lalu kita buka saja foldernya satu per satu menuju folder tujuan kita yaitu folder “Masyudi”, dengan isinya sebagai berikut. Selanjutnya tinggal kita copy ke harddisk PC yang dikirim.
17. Langkah terakhir setelah semua proses diatas berakhir yaitu, memberhentikan jaringan yang kita buat tadi dengan cara ketik “netsh wlan stop hosted network”. Jaringan pun akan mati dan hilang.
x
7. Tidak lupa dibagian Network discovery juga pilih turn on, agar kita bisa melihat network lain.




8.  Langkah selanjutnya buka Windows Firewall dan pilih off pada firewall state di tiap profil yaitu Domain Profile, Private Profile, dan Public Profile. Setelah kita klik OK untuk menyimpan settingan kita. Jangan lupa juga untuk mematikan antivirus sementara jika ada.




9. Pilih folder yang ingin di share, disini saya pilih folder “Masyudi”  yang akan saya share,klik kanan pada folder, lalu pilih properties.





10. Setelah masuk properties,pilih tab sharing , lalu klik share. 


11.  Selanjutnya klik panah bawah yang ada di samping Add, lalu pilih “Everyone” , setelah dipilih,klik Add untuk menambahkan “Everyone” ke folder share nya.




12. Setelah itu di bagian “Permission Level” , klik panah bawah,lalu pilih “Read/Write” , setelah selesai lalu klik “Share”.
























Sekian tutorial sharing data melalui jaringan ad-hoc dari saya, terima kasih sudah menyimak sampai selesai. Maaf ya kalau kepanjangan dan masih ada yang kurang jelas 😅.

0 komentar:

Posting Komentar